6 Kumpulan Cerita Ringkasan "Petualangan Sherlock Holmes"

Diposting oleh : Unknown | Dirilis : 23.37 | Series :

Hasil gambar untuk sherlock holmes misteri danau boscombe


Minna, pasti kalian sudah tau kan siapa Sherlock Holmes itu?
Yosh dia adalah detektif terkenal di Inggris dan dunia dalam ceritanya yang dibuat oleh Sir Arthur Conan Doyle. Menurut oe cerita Sherlcok Holmes adalah cerita yang menarik karna penuh dengan teka teki. Kek anime Detective Conan ya :v

Karna ceritanya ada banyak maka oe akan mengambil ceritanya saja dari buku diatas (cover gambar). Isinya ada 6 cerita petualangan. Namun oe hanya bisa menjelaskan ceritanya dalam bentuk ringkasan. Hehe... gomen, panjang soalnya ceritanya...
Ok tanpa basa-basi lagi... Selamat Membaca Minna~ 



1.) Skandal di Bohemia

Hasil gambar untuk sherlock holmes skandal di bohemia

Raja dari Bohemia akan menikahi putri dari Raja Skandinavia. Namun tanggal pernikahan telah ditentukan dan akan diumumkan pada Senin depan. Namun, ada seorang wanita yang ingin menggagalkannya, namanya Irene Adler. Ia ingin menggagalkannya dengan cara mengirim foto ia dengan Raja Bohemia kepada Raja Skandinavia. Ada kemungkinan Irene menyukai Raja Bohemia. Tapi sebelum pernikahan Raja Bohemia, Irene telah menikah dengan pria lain, namanya Godfrey Norton. Ia adalah seorang pengacara.

Saat Holmes dan yang lainnya ingin mengambil foto itu dirumahnya Irene, ia telah kabur dari London bersama Norton. Irene meninggalkan sebuah surat dan fotonya dengan gaun di belakang salah satu lukisan. Akhirnya Raja Bohemia menganggap Irene tidak akan mengirim foto itu dan masalah telah selesai. Raja pun memberikan foto Irene tersebut kepada Holmes karna Holmes menginginkannya.

2.) Perserikatan Orang-Orang Berambut Merah

Hasil gambar untuk sherlock holmes perkumpulan orang berambut merah

Tuan Jabez Wilson, ia adalah pria berambut merah menyala yang mempunyai sebuah toko di Coburg Square dan mempunyai satu pekerja yang mau digaji separuh dari gajinya, ia bernama Vincent Spaulding. Ia suka sekali mengambil foto dan sering menghabiskan waktunya di bawah tanah toko Tuan Wilson. Dua bulan yang lalu ia juga bekerja di Perserikatan Orang-Orang Merah untuk menyalin sebuah kamus. Ia bekerja selama empat jam, yaitu pada pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Setelah itu ia kembali ke tokonya. Setiap minggu ia diberi gaji 4 poundsterling oleh Tuan Durcan Ross. Namun, tiba-tiba pekerjaannya diberhentikan.

         Tuan Wilson meminta bantuan kepada Holmes. Akhirnya Holmes mendatangi toko Tuan Wilson di Coburg Square bersama temannya Dokter Watson. Disekitar jalan Coburg Square banyak bangunan yang sudah tua dan rapuh. Dibelakang Coburg Square terdapat jalan yang bangunannya berbeda jauh. Tepat dibelakang toko Tuan Wilson terdapat City Bank yang sangat terkenal. Holmes yakin bahwa akan ada perbuatan kriminal disana. Akhirnya Holmes dibantu oleh Dokter Watson, Inspektur Lestrade dari Scotland Yard, dan Tuan Merryweather. Mereka semua adalah temannya Holmes. Mereka membantu Holmes untuk menghentikan perbuatan kriminal itu dan akhirnya berhasil. Pelakunya ialah Spaulding sendiri. Nama aslinya ialah John Clay. Ternyata selama Tuan Wilson bekerja di Perserikatan, ia menggunakan waktu tersebut untuk menggali di bawah tanah tepat di toko Tuan Wilson. Alasannya karna tepat dibelakang toko Tuan Wilson ada City Bank. 

3.) Misteri Danau Boscombe


Hasil gambar untuk sherlock holmes misteri danau boscombe


Malam hari pukul 3, di dekat danau Boscome, Tuan Charles McCarthy terbunuh dan meninggalkan luka di kepalanya. Sebelumnya ia berbincang dengan anaknya yang membawa senapan ditangannya, James McCharthy. Namun James meninggalkan ayahnya. Setelah beberapa menit berjalan, ia mendengar suara teriakan ayahnya, “Cooeee!”. Ia pikir ayahnya memanggilnya karna ayahnya terbiasa memanggilnya dengan sebutan itu. Saat ia kembali ia telah melihat ayahnya terbunuh. Ia juga mendengar dari ayahnya sebelum meninggal yaitu kata “Rat”.

Polisi mengira bahwa Jameslah yang telah membunuh ayahnya. Ia kembali kerumah ayahnya. Karna ia tidak memiliki banyak uang akhirnya ia menetap di rumah ayahnya. Didekat rumah itu terdapat rumah yang lebih bagus dan kebun di seberang danau. Rumah itu milik Tuan Turner. Ia juga memiliki seorang puteri yang bernama Alice yang seumuran dengan James. Alice tidak mau jika James yang menjadi tersangka. Akhirnya Holmes membantu memecahkan misteri ini dibantu oleh Inspektur Lestrade dan Dokter Watson.

Ia melakukan pengamatan di tempat kejadian. Ia melihat ada 3 jenis jejak kaki. Yang satu bekas jejak Tuan McCharthy, yang satu anaknya James, dan yang satu lagi orang yang membunuh Tuan McCharthy. Ia juga melihat ada batu besar yang kemungkinan digunakan untuk membunuh Tuan McCharthy. Pembunuhnya bercirikan seorang pria, berbadan tinggi, kaki kanannya cacat, dan ia menggunakan tangan kirinya untuk membunuh saat itu. Ia menceritakannya kepada Inspektur Lestrade. Dan sepertinya Holmes mengetahuinya. Ternyata tersangka datang ke tempat penginapan Holmes dan Watson. Tersangka adalah Tuan Turner. Alasan ia membunuh Tuan McCharty adalah karna masa lalunya. Tuan Turner tidak suka kepada James dan membenci Tuan McCharthy. Tuan Mc.Charthy ingin agar anaknya, James, dapat menikahi Alice. Namun, Tuan Turner tidak mau karna jika puterinya menikahi James maka hartanya akan menjadi milik James.

Akhirnya masalah selesai. Holmes tidak akan memberitahu Inspektur Lestrade dengan syarat Tuan Turner menceritakan dan menulis semuanya kepadanya lalu menandatanganinya. Akhirnya James dibebaskan dan setahun kemudian ia menikah dengan Alice.  

4.) Berlian Biru 


Hasil gambar untuk sherlock holmes


Berlian biru milik Lady Morcar telah hilang di hotel Cosmopolitan pada tanggal 22 Desember. Berlian itu dicuri dikamarnya. Saat kejadian terjadi terdapat 2 pelayan hotel, yaitu John Horner dan James Ryder. Polisi mengira bahwa pelakunya adalah Horner, karna ia sebelumnya pernah mencuri sejumlah uang di salah satu kamar hotel. Namun sebenarnya yang mengambil ialah James Ryder. Setelah ia mencuri berlian itu, ia pergi ke kantor polisi dan mengatakan kalau Horner yang mencuri. Lalu ke rumah kakak perempuannya. Kakaknya memberikan seekor ayam kepada Ryder yang berwarna hitam putih karna Ryder mengingkan ayam itu. Sebelumnya ayam itu telah dipaksa Ryder untuk memakan berlian biru itu. Namun ia salah membawa ayamnya. Ia kembali dan kakaknya berkata bahwa semua ayamnya telah dijual kepada Tuan Breckenbridge di pasar Covent Garden. Namun Tuan Breckenbridge berkata bahwa ia sudah tidak memiliki ayam yang berwarna hitam putih itu. Ia telah menjual ayam-ayam itu kepada Tuan Windigate di Hotel Alpha dan Tuan Windigate menjualnya lagi ke Tuan Henry Baker. Akan tetapi ayam dan berlian tersebut sudah ada di tangan Holmes sekarang. Ryder takut sekali karna ia tidak mau ayah dan ibunya mengetahui hal tersebut. Namun Holmes berkata ia tidak akan memberitahu hal itu kepada polisi jika Ryder menceritakan semuanya kepada Holmes. Akhirnya masalah selesai. Ryder pergi dari rumah Holmes. Kemudian Holmes dan temannya Watson menyantap ayam itu


5.) Si Pria Bujang


Hasil gambar untuk sherlock holmes si pria bujang

Seorang pria bernama Lord Simon ingin menikahi Nona Hatty Doran, putri dari dari Tuan Aloysius Doran. Namun tiba-tiba Nona Doran telah menghilang setelah acara pernikahannya selesai. Ia mungkin telah meninggal dan dibunuh oleh teman Lord Simon, Flora. Flora tidak mau jika Lord Simon menikah dengan Nona Doran. Namun itu semua bukanlah fakta yang dialami oleh Nona Doran. Sebelumnya ia pernah mencintai pria yang bernama Frank Moulton. Ia bertemu Frank di Amerika. Mereka menikah secara diam-diam disana. Namun karna sebuah kejadian yang berhubungan dengan pekerjaan Frank, ia dikira telah meninggal oleh Nona Doran. Nona Doran tampak sedih dan ia sakit. Nona Doran menganggap bahwa Frank telah tiada. Padahal ia sudah berjanji dengannya.

Saat di San Fransisco, Nona Doran juga bertemu dengan Lord Simon. Mereka berdua tampak menyukai satu sama lain dan mereka ingin menikah. Sebelum acara pernikahan dimulai, bungan yang dipegang oleh Nona Doran tidak sengaja jatuh didepan seorang pria yang ternyata adalah Frank. Frank memberikan pesan saat ia memberikan lagi bunga yang jatuh tadi kepada Nona Doran bahwa Nona Doran harus kembali kepadanya.

Setelah acara pernikahan selesai, ada jamuan makan malam di rumah Tuan Aloysius Doran. Akan tetapi Nona Doran izin untuk istirahat di kamarnya. Namun aslinya ia meinggalkan rumah untuk bertemu Frank dan ikut bersamanya. Frank membawa gaun putih, bunga, dan cincin yang pernah Nona Doran pakai untuk pernikahannya, ia ingin membuangnya ke dekat danau.
Holmes tau yang fakta-faktanya namun ia ingin mendengar yang lebih lengkap dari Nona Doran. Ia memanggil Frank dan Nona Doran untuk makan malam. Ia juga mengundang temannya Dokter Watson dan Lord Simon. Lord Simon akhirnya mengetahui semuanya. Ia sangat marah kepada Nona Doran, namun Nona Doran telah meminta maaf kepadanya. Dengan segera Lord Simon meninggalkan tempat itu. Dan akhirnya Holmes dan lainnya makan malam.

6.) Copper Beeches

Hasil gambar untuk sherlock holmes copper

Violet Hunter, ia adalah seorang wanita muda yang cantik. Ia bekerja sebagai guru, namun pekerjaannya itu terhenti karna Tuan Munro pergi keluar negri bersama anak-anaknya. Tapi suatu hari ia pergi ke kantor Nona Stoper untuk mencari lowongan kerja. Tiba-tiba ia bertemu dengan pria yang bernama Tuan Jephro Rucastle. Tuan Rucastle ingin agar Nona Hunter bekerja untuk anak laki-lakinya. Nona Hunter akan digaji seratus dua puluh poundsterling pertahunnya. Ia menerima pekerjaan itu. Namun, ia merasa ada yang aneh dengan rumah Tuan Rucastle. Ia selalu disuruh oleh Nyonya Rucastle untuk memakai gaun berwarna biru dan duduk di dekat jendela. Ia juga disuruh untuk memotong rambutnya. Namun suatu hari Nona Hunter melihat ada seorang pria yang melihatnya dari luar jendela.

Suatu saat Nona Hunter pergi ke lantai atas. Ia mendengar ada suara tangisan. Karna ia takut ia turun kebawah dan ia dimarahi oleh Tuan Rucastle dan berkata bahwa ia tidak boleh lagi kesana. Ia merasa sangat aneh. Kemudian ia memanggil Holmes dan Dokter Watson. Ia menceritakan hal tersebut. Lalu mereka merencanakan sebuah rencana untuk besok.

Esoknya mereka melakukan sebuah rencana. Mereka bertiga akan masuk ke rumah Tuan Ruscatle dan menuju lantai teratas. Mereka masuk kedalam kamar yang saat itu terdengar suara tangisan. Akan tetapi tidak ada orang disana. Holmes melihat bahwa jendelanya terbuka dan terdapat tangga dibawahnya. Ia berpikir sepertinya orang tersebut sudah pergi. Tiba-tiba Tuan Ruscatle datang dan marah. Lalu ia melepaskan anjingnya yang seperti hewan buas. Tapi ia mati karna digigit oleh hewan itu. Kemudian Watson menembak anjing itu. Setelah itu Nyonya Toller datang. Nyonya Toller adalah salah satu orang yang tinggal di rumah Tuan Rucastle juga. Nyonya Toller mengetahui semua yang terjadi. Ia bercerita bahwa sebenarnya yang berada didalam kamar itu ialah Alice, putri tuan Rucastle dari istrinya yang pertama. Ia sangat mencintai pria yang pernah saat itu melihat Nona Hunter di jendela, namanya Fowler dan ia ingin menikahinya. Nona Hunter memiliki sejumlah uang dari mendiang ibunya. Namun keputusan ditolak oleh ayahnya karna ayahnya ingin menyimpan uang itu untuk dirinya. Ia mengurung Alice di kamar atas. Lalu Tuan Rucastle mencari orang yang hampir mirip dengan Alice, yaitu Nona Hunter. Ia ingin agar Nona Hunter “berakting” saat Fowler datang seolah-olah ia adalah Alice. Setelah beberapa hari, Nyonya Toller membantu Alice untuk melarikan diri dengan tangga disamping kamarnya. Akhirnya Alice dan Fowler menikah dan hidup bahagia. Holmes, Watson, dan Nona Hunter akhirnya pamit untuk pulang dan Nona Hunter sekarang menjadi guru yang disukai di suatu sekolah di London.



Nah itu dia ceritanya minna:3 Seru kan ceritanya? Hoho absolutly dong :v 
Baiklah sampai disini saja ya minna... Jangan lupa terus ikuti postingan Kazunihongo_ttebayo yang berikutnya ^_^

G+


Kazunihongo_ttebayo
Kazunihongo_ttebayo - Copyright © 2014, All rights reserved. Design by iMoechan